Rabu, 11 Februari 2015

Penemu Kacamata

Tidak pernah diketahui secara pasti siapa yang pertama kali menemukan kacamata. Tetapi, kacamata telah dikenal pada masa pemerintahan kaisar Nero di Roma, sekitar tahun 54 Masehi. Saat itu, kaisar Nero memakai batu permata berbentuk cekung untuk melihat pertandingan adu gladiator dengan lebih jelas, karena letak arena pertandingan dan tempat duduknya sangat jauh.

Sedangkan bentuk kacamata dengan dua kaca yang membingkai mata ditemukan oleh bangsa China. Saat itu kacamata dibuat dari lensa terbuat dari kristal batu yang sangat besar berbentuk oval. Bingkainya dibuat dari tempurung kura-kura, yang dihubungkan dengan kawat, sehingga bisa dikaitkan di telinga.

Tahun 1268, seorang sarjana Inggris bernama Roger Bacon menulis tentang kaca pembesar dan fungsinya untuk memperbaiki daya penglihatan orang. Tahun 1784, Benjamin Franklin menciptakan kacamata bifokus yang bisa dipakai untuk melihat benda dari jarak dekat dan jauh. Selanjutnya, tahun 1827, seorang astronom bernama Sir John Herschell menemukan lensa kontak yang kemudian dipakai sebagai alternatif pengganti kacamata.


Sumber: http://girls.kidnesia.com/Girls/Cerdas/Tahukah-Girls/Siapakah-Penemu-Kacamata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

animasi bergerak gif